Sumur Submersible Artetis (Deep Well)

Sumur Submersible adalah sumur bor dengan kedalaman lebih dari 60 meter, yang menggunakan pompa submersible (submersible pump). Diharapkan dari kedalaman lebih dari 60 meter bisa diperoleh air dengan kuantitas dan kualitas yang baik, dalam artian layak untuk dikonsumsi. Dari segi kuantitas, dengan kedalaman lebih dari 60 meter akan didapatkan sumber mata air tanah (equifer) yang stabil, sehingga didapatkan kuantitas yang besar.

Pompa Submersible (pompa benam) atau Electric Submersible Pump (ESP) adalah pompa yang dioperasikan di dalam air. Pompa jenis ini bertipe pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal sendiri prinsip kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar di dalam casing.

Prinsip kerja pompa jenis ini berbeda dengan jenis Jet Pump. Jika pompa jetpump bekerja dengan cara menyedot air, jenis pompa submersible bekerja dengan mendorong air ke permukaan. 

Berikut kelebihan pompa submersible:

  1. Biaya perawatan yang rendah
  2. Tidak bising karena berada di dalam sumur
  3. Pompa memiliki pendingin alami sebab posisinya terendam dalam air

Sistem pompa tidak menggunakan shaft penggerak yang panjang dan bearing sehingga problem yang lazim pada pompa permukaan (Jet Pump) seperti keausan bearing dan shaft tidak terjadi.